BAB I
PENDAHULUAN
A. Internet
Perkembangan internet saat ini
memang sangat pesat Secara
harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian
komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf
'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan
menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching
communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.
Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer global yang
saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari
jaringan yang terdiri dari jutaan usaha swasta, masyarakat, akademis, dan
pemerintah lokal untuk jaringan lingkup global yang dihubungkan oleh
serangkaian luas teknologi jaringan elektronik dan optik. Internet membawa
array yang luas dari sumber informasi dan jasa, terutama dokumen-dokumen
hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk
mendukung surat elektronik.
Kebanyakan media komunikasi tradisional, seperti telepon
dan televisi, mengubah bentuk maupun didefinisikan ulang dengan menggunakan teknologi
Internet, sehingga menimbulkan berbagai layanan seperti Voice over Internet
Protocol (VoIP) dan IPTV. Penerbitan surat kabar telah mengubah wajah ke situs
Web, blog, dan web feed. Internet telah diaktifkan atau mempercepat penciptaan
bentuk-bentuk baru interaksi manusia melalui pesan instan, Internet forum, dan
situs jaringan sosial.Asal-usul Internet mencapai kembali ke penelitian pada
tahun 1960-an, baik ditugaskan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk
mengembangkan proyek-proyek dari badan-badan militer untuk membangun kuat,
kesalahan-toleran, dan jaringan komputer terdistribusi serta penelitian swasta.
Penelitian ini dan periode pendanaan sipil tulang punggung US baru oleh
National Science Foundation, serta pendanaan swasta untuk tulang punggung komersial
melahirkan partisipasi seluruh dunia dalam pengembangan teknologi jaringan baru
dan menyebabkan banyak penggabungan jaringan. Komersialisasi jaringan
internasional di pertengahan tahun 1990-an, mengakibatkan mempopulerkan berikut
aplikasi yang tak terhitung jumlahnya di hampir setiap aspek kehidupan manusia
modern. Pada 2009, sebuah kuartal diperkirakan penduduk bumi menggunakan
layanan dari Internet.
Secara logis jaringan internet dibagi kedalam beberapa
domain, yang menurut standar IPv4 (Internet Protocol version 4) di-identifikasi
melalui nomer IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik
(seperti 192.168.10.25).
Tipe domain standar antara lain:
1. .com = organisasi komersil
2. .edu = institusi pendidikan di Amerika
3. .ac = institusi akademik
4. .gov = institusi pemerintah
5. .mil = organisasi militer
6. .net = penyedia akses jaringan
7. .org = organisasi non-profit
Disamping itu domain juga dibagi berdasarkan negara,
misalnya:
1. .au = Australia
2. .ca = Kanada
3. .id = Indonesia
4. .jp = Jepang
5. .my = Malaysia
6. .sw = Swedia
7. .th = Thailand
Beberapa hal yang berhubungan dengan internet adalah :
§
WWW
§
HTTP
§
URL
WWW (World Wide Web) merupakan bagian dari internet yang
cepat berkembang dan paling populer. WWW merupakan jaringan beribu-ribu
komputer yang dikategorikan menjadi dua yaitu : client dan server. Dua hal
yang perlu diperhatikan adalah software web server dan software web browser.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang menentukan aturan yang
perlu diikuti oleh web browser dan web server. HTTP merupakan protokol standar
yang digunakan dalam mengakses dokumen HTML. URL (Uniform Resource Locator)
adalah suatu sarana untuk menentukan informasi pada suatu web server. URL dapat
diibaratkan sebagai suatu alamat. URL terdiri dari :
1. Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil
informasi.
2. Nama komputer (server) dimana informasi tersebut berada.
3. Jalur atau path serta nama file dari suatu informasi.
Contoh URL : http://www.detiksport.com/sepakbola/index.php
§
http adalah protokol yang
digunakan
§
www.detiksport.com adalah
nama host atau server komputer dimana informasi yang dicari berada
§
sepakbola adalah jalur atau
path dari informasi yang dicari.
§
index.php adalah nama file
dimana informasi tersebut berada.
Internet tidak memiliki sentralisasi pemerintahan baik
dalam implementasi teknologi atau kebijakan untuk akses dan penggunaan; setiap
jaringan konstituen menetapkan standar sendiri. Hanya melampaui batas definisi
dari dua ruang nama utama di Internet, alamat Internet Protocol ruang dan
Domain Name System, yang diarahkan oleh organisasi pengelola, Internet
Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Dasar teknis dan
standardisasi protokol inti (IPv4 dan IPv6) adalah kegiatan Internet
Engineering Task Force (IETF), sebuah organisasi nirlaba dari peserta
internasional longgar berafiliasi bahwa siapa pun dapat mengaitkan dengan
dengan menyumbangkan keahlian teknis.
bila ditinjau dari segi penulisannya, terdapat dua arti
internet, yakni:
§
Internet
Jaringan internet (huruf “i” kecil sebagai huruf awal)
adalah suatu jaringan komputer yang mana komputer-komputer terhubung dapat
berkomunikasi walaupun perangkat keras dan perangkat lunaknya berlainan (sering
kali disebut juga internet-working)
§
Internet
Jaringan Internet (huruf “I” besar sebagai huruf awal)
adalah jaringan dari sekumpulan jaringan (networks of networks) yang terdiri
dari jutaan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan
suatu aturan komunikasi jaringan komputer (protokol) yang sama. Protokol yang
digunakan tersebut adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol
(TCP/IP). Istilah pertama (dengan huruf “i” kecil) merupakan istilah yang
digunakan pada masa awal perkembangan internet. Seiring dengan makin meluasnya
penggunaan internet, istilah kedualah (dengan huruf “I” besar) yang diterima
oleh pengguna internet. Penulisannya pun berubah. Dari menggunakan huruf “I”
besar menjadi huruf “i” kecil. Dengan adanya hubungan komunikasi lintas jaringan
pada internet, setiap komputer yang terdapat di dunia dapat terbubung satu
dengan yang lain. Hal inilah yang menyebabkan komunikasi di internet sangat
cair. Karena penggunaan internet tidak mengenal batas negara, status ekonomi,
idiologi dan faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat komunikasi dan
pertukaran informasi di dunia nyata. Dengan alasan inilah, sebagian orang
menyebut internet sebagai revolusi di bidang teknologi dan informasi.
sumber : Wikipedia.org/wiki/perkembangan_internet_masa_kini
1. Pengertian Internet
Internet dapat
diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan
pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di
dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga
yang dinamis dan interaktif.
2.
Sejarah internet
Berikut sejarah kemunculan
dan perkembangan internet. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen
Pertahanan Amerika, U.S.Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA)
memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan
sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini
dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang
berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi
dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET.
Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun
yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan
"at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai
dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan
komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.
Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn
mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun
kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun
kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
Langkah awal untuk membuat sebuah blog gratis adalah :
1. Anda diwajibkan memiliki sebuah alamat email, saran
saya pakailah layanan gmail dari google. untuk membuat email dari layanan
google tersebut anda bisa langsung menuju ke Gmail
2. Langkah selanjutnya bila anda telah memiliki sebuah
email silahkan kunjungi Blogger.com untuk membuat sebuah blog
gratisan dengan contoh url seperti ini http://NAMABLOG.blogspot.com, seperti
gambar dibawah ini.
3. Klik Daftar pada blogger.com, isilah data data
tersebut dengan lengkap. pada kolom pertama masukkan email yang sudah anda buat
tadi pada tahap awal. setelah semua data di isi centang tanda Saya menerima
Persyaratan dan Layanan. lalu klik Lanjutkan.
4. Anda baru saya membuat akun di blogger.com,
selanjutnya silahkan klik Tombol Buat blog, lalu isi Judul Blog, alamat blog,
sesuai dengan keinginan anda, setelah semuanya benar lalu klik lanjutkan.
silahkan pilih template standar yang sudah disediakan. dalam beberapa saat blog
anda pun sudah jadi dengan judul dan url yang anda tentukan tadi.
5. Tahap selanjutnya anda tinggal mengklik entri baru
untuk membuat sebuah artikel, nah mudah bukan cara membuat blog gratisan. oiya
jangan biasakan copy paste tanpa menyertai sumber artikel ya.
Tampilan Blog Kelompok 6
BAB II
Etika Berinternet
Internet
dikenal sebagai komunitas yang tidak mengenal aturan. Dalam internet semua
orang berhak bertindak, berinisiatif, berkreasi apa saja tanpa ada yang
melarang dan menentang. Internet bersifat bebas ! Namun meskipun bersifat bebas
dan terbuka, ternyata berinternet juga memiliki batasan-batasan yang musti kita
perhatikan. Batasan-batasan atau etika tersebut berupa tata tertib berinternet
yang sering disebut Nettiquette.
1.Jangan
Gunakan Huruf Kapital
Karena
penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis.
Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak.
Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara
yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat
digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah
penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh
kalimat/paragraf.
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.
2. Kutip
Seperlunya
Ketika
anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum,
maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal
yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali
mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang
bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.
3. Perlakuan
Terhadap Pesan Pribadi
Jika
seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private
message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum
umum.
4.
Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax
Tidak
semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam,
hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda
mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim
itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar
kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan
hilang.
5.
Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT)
Ketika
Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya
subject dari diskusi tidak rancu. Tiap milis/forum tentu memiliki peraturan
khusus mengenai obyek bahasan yang diperkenankan. Sehingga tatkala anda ingin
menyampaikan/meminta sebuah informasi di luar topik yang telah ditentukan,
sepatutnya sertakan pula tanda khusus pada kolom subyek e-mail anda agar
anggota milis yang lain tidak terkecoh dengan isi e-mail anda. Contohnya,
ketika ingin menyampaikan saran untuk BEM:[OOT] Saran untuk BEM Perguruan
Tinggi ASIA.
6.
Hindari Personal Attack
Ketika
anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan
kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab,
ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi
hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu.
Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai
senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang
sehat, bukan debat kusir.
7.
Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
Jangan
mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri.
Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan
destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara
umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh
mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.
8.
Dilarang menghina Agama :
Ada
beberapa forum dalam Situs ini yang memungkinkan terjadinya debat antar agama,
atau debat antara Kristiani sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu
diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi,
Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.
9. Cara
bertanya yang baik :
1. Gunakan bahasa yang sopan.
2. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak
mendapatkan jawaban.
3. Beri judul yang sesuai dan
deskriptif.
4. Tulis pertanyaan anda dengan
bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
5. Buat kesimpulan setelah
permasalahan anda terjawab.
10.
Khusus - Netiket di SarapanPagi Biblika :
Dalam
SarapanPagi Biblika ini, juga disediakan Forum khusus yaitu FORUM TERBUKA - TANYA-JAWAB,
Forum ini bukan sebagai debat antar agama dengan mengkritisi agama lain. Tetapi
sebagai diskusi yang baik yang memberikan jawaban-jawaban dan alasan-alasan
dari kepercayaan Kristiani. Untuk itu Sahabat-sahabat SP mohon berdiskusi
dengan santun penuh kasih dan menjadi tuan rumah yang baik bagi saudara-saudara
kita dari kalangan Muslim dan juga kepercayaan lain.
11. Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan
membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya.
Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama
"Forward", yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward)
ke orang lain.
12.
Jangan terlalu banyak mengutip
Hati-hati
dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program
mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke
dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail,
usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab
bagian-bagian yang relevan saja. Ketika
anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum,
maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal
yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali
mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang
bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum tersebut menjadi
terganggu.
Ini berlaku juga untuk fasilitas reply pada e-mail, terlebih jika anda aktif dalam suatu milis. Ketika anda meng-klik tombol "Reply", umumnya sebagian besar program mailer akan menulis ulang pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam kotak surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan ambillah (sebagai kutipan) bagian yang relevan dengan jawaban anda saja. Kutip Seperlunya saja.
Ini berlaku juga untuk fasilitas reply pada e-mail, terlebih jika anda aktif dalam suatu milis. Ketika anda meng-klik tombol "Reply", umumnya sebagian besar program mailer akan menulis ulang pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam kotak surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan ambillah (sebagai kutipan) bagian yang relevan dengan jawaban anda saja. Kutip Seperlunya saja.
13.
Menahan diri dari menggunakan huruf berwarna dan gambar/warna background.
Pilihan
warna akan mempersulit pemrosesan email, dan bisa mengakibatkan sulit dibaca,
sehingga isi yang ingin disampaikan tidak sampai.
14.
Jangan gunakan CC (copy carbon)
Jika
Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), usahakan
atau hindari mencantumkan nama-nama pada baris CC. Jika Anda melakukan hal itu,
semua orang yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail
orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan
umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya
bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
15.
Jangan gunakan format HTML
Jika
Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML
tanpa Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika
tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan
plain text.
16.
Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah
setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan
dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda
menjawab dalam satu kata: "Good." Wah, ini sangat menyebalkan.
17.
Sebaiknya untuk efisiensi penggunaan kata, gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan
Untuk
efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By the Way (= ngomong-ngomong)
bisa disingkat menjadi BTW. In My Opinion (=menurut hemat saya) bisa disingkat
IMO. Because (=karena) bisa disingkat menjadi 'coz. Penggunaan kata sapa Bahasa
Inggris misalnya, kalimat How are you?, bisa diganti menjadi How R U? Kalimat
"Menurut hemat saya" bisa diganti menjadi IMHO (In My Humble Opinion)
dan sebagainya.
18.
Jangan Kirim File (berukuran besar) Melalui Attachment
Peraturan
e-mail secara internasional melarang transfer file melalui e-mail, apalagi di
dalam milis. Jangan pernah membayangkan, rekan anda atau anggota milis yang
lain memiliki mailbox/hard disk yang cukup seperti anda. Pada umumnya penyedia
jasa internet (ISP) di Indonesia 'hanya' memberi quota space 2-5 MB. Pengiriman
file yang besar, akan membuat proses downloading menjadi lamban, dan ini jelas
menambah beban pulsa. Saat file melebihi kuota, maka proses downloading praktis
terganggu. Jika ini terjadi, anda bisa dituduh telah melakukan bomb-mail, yang
di dalam dunia internet, dianggap sebagai tindakan kriminal. Jika memang harus
melakukan transfer file, sebaiknya minta izin dulu, bahwa anda akan mengirim
file, sekaligus jelaskan besar file-nya. Setelah rekan anda setuju, barulah
kirim melalui attachment. Tapi untuk lebih amannya, gunakanlah situs yang
khusus menyediakan jasa transfer file ini. Selain praktis, semua rekan anda pun
bisa menentukan pilihan, ingin ikut mengunduh atau tidak, tanpa perlu risau
e-mailnya terganggu. Toh sudah banyak situs-situs gratisannya.
19.
Jujur Dalam Mencantumkan Sumber dan/atau Penulis
Jangan
sekali-kali mengakui tulisan orang lain sebagai hasil karya pribadi anda.
Walaupun tulisan itu telah anda revisi sedemikian rupa, namun mau tidak mau
anda telah mengadaptasi dari milik orang lain. Oleh karenanya, anda harus
mencantumkan sumber referensi tersebut. Bila anda mengutip dari sebuah situs,
maka cantumkanlah nama/alamat situs tersebut. Begitupun bila situs itu ternyata
juga boleh mengutip dari sumber lain yang merupakan penulis aslinya, maka anda
harus mencantumkan kedua sumber tersebut, penulis asli dan situs tempat anda
mengutip.
20.
Bijaklah Ketika Hendak Meng-copy Sebuah Situs
Walaupun
sangat mudah untuk mengintip source code sebuah situs, tapi secara etika
setidaknya anda komunikasikan terlebih dahulu dengan web master yang
bersangkutan. Malah, hal ini justru bisa memberikan keuntungan lebih. Ketika
sang web master menyambut baik 'permohonan ijin' anda untuk mempelajari source
code-nya dan ada hal yang tidak anda pahami, menjadi sangat mudah untuk
bertanya kepadanya.
Penggunaan Offline Browser Tools, seperti HTTRACK atau Teleport juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:
Penggunaan Offline Browser Tools, seperti HTTRACK atau Teleport juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:
* Apakah
ada ketentuan Copyright?
* Apakah
pemilik mengijinkan anda menyalinnya untuk penggunaan pribadi? -> Jangan
mengkomersilkan!
* Jangan
sampai membebani bandwith server, baik bandwith situs atau bandwith jaringan
anda. Lebih-lebih jika anda mengunduh dari tempat umum seperti warnet, maka
sebaiknya jangan mengunduh pada waktu-waktu sibuk. Pembebanan bandwith secara
berlebihan akan membuat situs down dan mengganggu akses pengguna lain dalam jaringan
yang sama dengan anda.
* Jangan
mencuri data yang bersifat pribadi seperti e-mail atau data rahasia perusahaan
yang memang tidak diperuntukkan konsumsi publik.
22.
Menjawab dengan simple dan tidak menimbulkan pertanyaan balik
Banyak orang yang menjawab pada thread tertentu sepotong-potong atau dengan kata-kata bahasa planet sehingga menimbulkan pertanyaan balik sampai-sampai keuar dari topik hanya untuk menanyakan hal baru dari jawabah yang sepenggal atau bahasa planet itu. Saya kira bahasa lebih bijaksana menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan lugas dan yang penting ga mbulet serta tepat ringkas padat berisi yang jelas montok tidak ikut he he he.
Banyak orang yang menjawab pada thread tertentu sepotong-potong atau dengan kata-kata bahasa planet sehingga menimbulkan pertanyaan balik sampai-sampai keuar dari topik hanya untuk menanyakan hal baru dari jawabah yang sepenggal atau bahasa planet itu. Saya kira bahasa lebih bijaksana menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan lugas dan yang penting ga mbulet serta tepat ringkas padat berisi yang jelas montok tidak ikut he he he.
21.
Jangan pernah memberikan nomor telepon atau personal information orang lain tanpa
persetujuan pihak terkait
22.
Gunakan Internet untuk mencari informasi yang diperlukan. Gunakan search engine
yang tepat
23.
Jangan gunakan “Return Receipt” untuk setiap email yang dikirim. Seolah-olah
kita ingin tahu apakah mereka membuka email yang kita kirim
24.
Setiap orang masih belajar. Internet berubah setiap hari, dan kita semua harus
mempelajari perubahan yang ada
25.
Kalau menerima “nasty” email, jangan langsung membalas
26.
Ingat bahwa email pribadi adalah hak cipta si penulis. Jika ingin memforward
email pribadi, sempatkan meminta izin dari penulis
2.1. Perkembangan Dunia Internet
A. Internet Saat Ini
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan
spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara
rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet
Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan
dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC
dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet
(Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering
digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP,
HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Beberapa layanan populer di
Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik,
Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher,
akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua
ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih
banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan
Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service),
seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu
melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua
pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog,
Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows
Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem
tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan
Gnutella.
1.1 Budaya Internet
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang,
telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar
atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti
Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas
bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet
melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi
dan data secara ekstrim. Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi
perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa
dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau
telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi
melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan
pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan
pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana
ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan
Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur
birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para
pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan
daerah meningkat tajam.
1.2. Tata tertib Internet
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga
mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam
bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata
tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).
1.3. Isu moral dan undang-undang
Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang
berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta,
pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah
biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki
Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000
oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi
informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999. Internet juga
disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon
Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan
semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena
ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan
dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.
1.4. Akses Internet
Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea
Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan
Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan
jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan
penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook
murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan
bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap
jebakan" agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber
juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas
Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum
lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di
kantor.
Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga
dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang
disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar
komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan
mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS
dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada
ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan.
Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang
didownload.
Tujuan Internet
Pada awalnya, internet dan berbagai fasilitas di dalamnya
memiliki tujuan sebagai berikut :
§
Sebagai media melakukan
transfer file
Transfer file yang dimaksud adalah untuk melakukan akses
pada server lain yang jaraknya jauh, baik secara anonymous FTP (File Transfer
Protocol) maupun yang bukan anonymous FTP.
§
Sebagai sarana mengirim
surat (email).
§
Sebagai surat pembelajaran
dan pendidikan.
§
Sebagai sarana untuk
penjualan atau pemasaran.
§
Melakukan mailing list,
newsgroup, dan konferensi.
Mailing list atau newsgroup digunakan untuk melakukan
diskusi online dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu
bagi netter (pengguna internet) yang memiliki masalah dan topic yang sama.
§
Chating
Chatting adalah sarana internet yang digunakan untuk
berkomunikasi langsung melalui tulisan ataupun lisan.
§
Mesin pencari (search
engine)
Mesin pencari (search engine) merupakan fasilitas yang
disediakan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan
informasi yang kita butuhkan secara cepat.
§
Untuk mengirim SMS ke
telepon seluler.
§
Sarana entertainment dan
permainan.
§
Berbagi pakai file.
§
Menyimpan file multimedia
seperti, audio, foto, dokumen, maupun video
§
Menjalin persahabatan /
mencari teman baik local maupun mancanegara dengan situs jejaring sosial.
§
Menyalurkan ide kreatif ide
melalui blogging.
Namun lambat laun, tujuan awal dari fasilitas-fasilitas
internet tersebut telah melenceng sehingga memberikan berbagai dampak, baik
positif maupun negative bagi masyarakat, khususnya pelajar.
Perkembangan Internet
Akhirnya, internet diharapkan dapat membantu mempercepat
perkembangan pendidikan. Pendidikan lebih maju dan berkualitas. Pada gilirannya
pendidikan dapat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa yang cerdas
akan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Selain dari dampak positif, internet juga berdampak negatif
bagi para pelajar. Mencoba untuk melontarkan sebuah wacana dan berbagai fakta
tentang sebuah persoalan baru di kota-kota besar yang juga tidak bisa dipandang
sebelah mata. Walaupun masih berupa gejala awal, namun apabila tidak segera
diatasi tentu akan berkembang menjadi “penyakit kronis” yang makin sulit untuk
diatasi. saat ini telah terjadi pergeseran profil pengguna internet dan juga
pergeseran orientasi pemanfaatannya. Pengguna internet terbesar saat ini adalah
para pelajar SLTP diikuti oleh pelajar SLTA dan kalangan mahasiswa justru
menempati urutan ketiga (kecuali di warnet yang berdekatan dengan kampus). Ada
gejala menarik yaitu mulai maraknya pelajar SD bermain internet dan sudah
“berani” nongol diwarung internet. Para orang tua tentu saat ini harus “rela”
merogoh kocek lebih banyak untuk memenuhi keinginan anak-anaknya untuk bermain
internet baik dirumah ataupun di warnet. Harapan orang tua tentulah ingin agar
si-anak tidak ketinggalan jaman dan dengan ber-main internet si-anak bisa
bertambah pintar. Namun benarkah demikian ?
Makin meratanya pengguna internet disatu sisi memang sangat
menggembirakan, namun pergeseran orientasi penggunaan internet sudah sangat
memprihatinkan. Dalam pengamatanku, bahwa Para pelajar SLTP, SLTA dan SD
sebagian besar (>75%) menggunakan internet “hanya” untuk bermain game dan
chatting. Dan rata-rata mereka rela menghabiskan waktu 3-5 jam/ hari dengan
mengeluarkan uang Rp.7000 – Rp.30.000/hari untuk bermain internet. Dan anehnya
kegiatan tersebut didukung oleh para orang tua. Pergeseran orientasi penggunaan
internet tersebut belum ditangkap oleh para orang tua, sehingga setiap anaknya
meminta uang berapapun untuk bermain internet selalu diberikan. Padahal yang
terjadi adalah tidak ada unsur pendidikan apapun yang bisa didapatkan dari
bermain game dan chatting. Memang tidak semua pelajar hanya menggunakan
internet untuk bermain game dan chatting. Memang diantara mereka juga
menggunakan internet untuk sarana mencari pengetahuan, namun yang melakukan hal
itu jumlahnya tidaklah banyak. Game dan chatting bisa membawa effect “kecanduan”.
Dan apabila sudah kecanduan tentu effect sampingnya akan membuat anak menjadi
malas belajar, malas mengaji dan setiap ada kesempatan selalu berusaha untuk
bermain game dan chatting. Dampak negatif bermain game hampir sama dengan
dampak permainan Play Station dimana seseorang yang sudah kecanduan akan betah
seharian bermain dan bahkan lupa makan, lupa minum dan lupa kalau hari esok
masih ada. Sedangkan effect bermain game mungkin bisa digambarkan dengan
permainan interkom yang marak sekitar 20 tahun yang lalu. Dimana hampir semua
orang “lupa daratan” dan setiap hari kerjanya hanya bermain intercom (jika
sudah memegang mic maka orang cenderung akan malas berangkat sekolah, malas
berangkat kerja, malas membatu orang tua, malas untuk mengaji malas makan, malas
minum dan sebagainya). Begitu juga dengan chatting.. para pelajar yang
melakukan kegiatan ini menganggap waktu 5 jam sama dengan 10 menit. Dan mereka
cenderung memanfaatkan chatting untuk sekedar ngobrol kesana-kemari dengan
teman kencannya di internet dan bahkan tidak menutup kemungkinan juga mengarah
kepada pembicaraan yang porno. Effect permainan game dan chatting ini justru
lebih berbahaya dari kekhawatiran kita sekitar 5 tahun lalu tentang maraknya
situs-situs porno. Karena berdasarkan pengamatan, ternyata situs porno hanya
berefek pada euforia dan dalam waktu singkat mereka sudah akan bosan. Namun
effect game dan chatting adalah “Effect Candu” yang bisa membuat penggunanya
menjadi ketagihan dan ini yang sangat berbahaya bagi dunia pendidikan kita.
Beberapa kejadian di Indonesia menunjukan ada kasus perkosaan oleh teman
chatting, penipuan oleh teman chatting.
Sebagai bagian dari Teknologi Informasi, internet memang
ibarat pisau bermata dua. Disatu sisi, teknologi ini bisa bermanfaat apabila
digunakan untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat, seperti: mencari
bahan-bahan pelajaran sekolah, diskusi mata pelajaran, mencari program
beasiswa, konsultasi dengan pakar, belajar jarak jauh, dan mencari
metode-metode pengajaran berbasis multimedia. Namun sayangnya penggunaan
internet justru malah bergeser kepada hal-hal yang negatif dan ini harus
menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat. Karena bagaimanapun kita tetap
membutuhkan internet sebagai sarana informasi dan komunikasi yang bersifat global,
namun disisi lain kitapun juga harus siap untuk melakukan antisipasi untuk
mengatasi dampak-dampak negatifnya. Dan inilah persoalan bersama kita.
Mumpung semua ini masih berbentuk gejala, alangkah baiknya
pemerintah, DPRD, dunia pendidikan, pengamat “IT” dan para pengamat sosial
kemasyarakatan duduk bersama untuk membahas dan mencari solusi untuk
mengatasinya. “Virus” yang membuat mereka “kecanduan” dan “virus” yang bisa
menjebak mereka kedalam sebuah permasalahan. Yang paling penting adalah
bagaimana kita mengemas teknologi ini agar mempunyai muatan pendidikan namun
tetap menarik untuk dikunjungi oleh para pelajar sebagai pengguna internet
(netter) mayoritas pada saat ini. Namun tetap semua akan dikembalikan lagi
kepada para netter, karena dampak positif maupun negatif dari internet
bergantung dari niat pemakainya.
Sumber :
http://id.wikipedia.org//wiki/perkembangan_internet_masa_kini
Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di
internet:
- Informasi untuk kehidupan pribadi:kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
- Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja:sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan
internet tidak mengenal batas negara,
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat
demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat
internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa
mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat
demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat
internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa
mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
Sumber:
(Arifin Noor Asyikin STIKI MALANG 3 Desember 2009)
C. Dampak Positif Dan Negatif Berinternet
Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek
kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial.
Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
a. Dampak positif berinternet
1.
Perluasan Basis Pengetahuan
Pengguna
internet dapat mengakses perpustakaan internasional, museum dan sekolah untuk
berbagai macam informasi. Banyak menggunakan Internet untuk mengeksplorasi
lingkungan mereka dan membuat pemesanan rencana liburan, mobil, hotel dan
maskapai penerbangan.
On-line
banking memberikan Anda kemampuan untuk melacak keuangan Anda setiap hari dan
membayar tagihan tanpa menggunakan kertas. Sekolah telah dibangun menggunakan
Internet ke dalam kurikulum, untuk meningkatkan kosakata siswa dan kebiasaan
belajar dan membantu siswa merasa mereka adalah bagian dari dunia yang lebih
luas.
2.
Kemudahan Komunikasi
Email, blog forum
diskusi, dan chat room memberikan pengguna Internet kemampuan untuk
berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman lebih cepat dan lebih mudah
daripada setiap saat dalam sejarah sebelumnya. Kemudahan berbagi foto dengan
orang lain, kenyamanan email, bahkan penggunaan Internet untuk membuat
panggilan telepon semua manfaat dari Internet.
Bekerja dari rumah
melalui Internet telah mengubah cara banyak perusahaan beroperasi, yang
memungkinkan mereka untuk bekerja dengan orang-orang di daerah berjauhan. Ia
bahkan memiliki manfaat mengurangi lalu lintas jam sibuk dan mengurangi biaya
akan bekerja, seperti biaya Komuter dan biaya lemari untuk kantor.
3. Hubungan antar sesama pengguna
Aspek lain yang menakjubkan dari Internet adalah kemungkinan untuk menciptakan persahabatan baru dengan orang di seluruh dunia bahwa Anda dapat memenuhi melalui chat room dan forum diskusi. Anda dapat menemukan kelompok yang berbagi minat Anda, apakah Anda tertarik dalam sastra, perjalanan, memasak, agama masalah kesehatan, atau apa pun. Pengguna Internet berbagi ide dan berkolaborasi dengan orang lain secara on line. Anda memiliki potensi untuk mengembangkan jaringan teman di seluruh dunia yang berbagi minat dan ide.
b. Dampak negatif berinternet
1.
Cybercrime
Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet
di dunia maya yang bersifat :
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk
cybercrime sebagai berikut :
Hacking –
Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari
kelemahan system jaringan.
Cracking –
Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah
atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
2.
Pornografi
Pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi
hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan
untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat
gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada
seseorang untuk bertindak kriminal.
3.
Penipuan
Hal
ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
D. Karakteristik
Dunia Maya
Internet identik dengan cyberspace atau
duniamaya. Dysson (1994) cyberscape
merupakan suatu ekosistem bioelektronik di semua tempat yang memiliki telepon,
kabel coaxial, fiber optic atau elektomagnetik waves.
Hal ini berarti bahwa tidak ada yang tahu pasti
seberapa luas internet secara fisik.
Karakteristik dunia maya ( Dysson : 1994 ) sebagai
berikut :
a.
Beroperasi secara virtual / maya
b.
Dunia cyber selalu berubah dengan cepat
c.
Duniamaya tidak mengenal batas-batas territorial
d.
Orang-orang yang hidup dalam duniamaya tersebut
dapatmelaksanakan aktivitas tanpa harus menunjukkan identitasnya
e.
Informasi di dalamnya bersifat public
2.2. Pentingnya Etika di Dunia Maya
A. Alasan Pentingnya Etika di dunia maya
Beberapa alasan mengenai pentingnya
etika dalam dunia maya
adalah sebagai berikut:
a.
Bahwa pengguna internet berasal dari
berbagai Negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang
berbeda-beda.
b.
Pengguna internet merupakan orang-orang
yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas
asli dalam berinteraksi.
c.
Berbagai macam fasilitas yang diberikan
dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada
juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya
dilakukan.
d.
Harus diperhatikan bahwa pengguna
internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni”
baru diduniamaya tersebut.
B.
Netiket : Contoh Etika Berinternet
a.
Netiket atau Nettiquette, adalah etika
dalam berkomunikasi menggunakan internet.
b.
Netiket pada one to one communications
Yang
dimaksud dengan one to one communications adalah kondisi dimana komunikasi
terjadi antarindividu “face to face” dalam sebuah dialog.
c. Netiket
pada one to many communications
Konsep
komunikasi one to meny communications adalah bahwa satu orang bisa berkomunikasi kepada beberapa orang
sekaligus. Hal itu seperti yang terjadi pada mailing list dan net news.
2.3. Bisnis di bidang Teknologi
Informasi
A. Pentingnya membina etika bisnis untuk menghasilkan bisnis
yang bagus
Etika
bisnis merupakan suatu studi mengenai prinsip-prinsip atau standar-standar
moral dan bagaimana standar-standar ini berlaku bagi sistem dan organisasi yang
digunakan oleh masyarakat untuk menghasilkan dan mendistribusikan barang dan
jasa, dan bagi orang-orang yang bekerja di dalam organisasi tersebut.
Dua
hal yang perlu dicatat dari pengertian di atas.
Pertama, etika bisnis bukanlah suatu jenis lain etika; ia
adalah etika dalam konteks bisnis; memfokuskan pada apa yang merupakan perilaku
yang benar atau salah di ranah bisnis dan bagaimana prinsip-prinsip moral
diterapkan oleh para pelaku bisnis pada situasi-situasi yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari mereka di lingkungan pekerjaan.
Kedua, para pelaku bisnis tidak perlu mengadopsi
seperangkat prinsip etika untuk memandu mereka dalam mengambil
keputusan-keputusan bisnis dan seperangkat prinsip lain untuk memandu kehidupan
pribadi mereka.
Sumber : Resume Etika Profesi : Hisma Yuliet Abu Sopyan
berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
menciptakan etika berbisnis itu:
1.
Pengendalian diri
2.
Pengembangan tanggung jawab sosial
(social responsibility)
3.
Mempertahankan jati diri dan tidak mudah
untuk terombang-ambing oleh pesatnya
perkembangan informasi dan teknologi
4.
Menciptakan persaingan yang sehat
5.
Menerapkan konsep “pembangunan
berkelanjutan”
6.
Menghindari sifat 5K (Katabelece,
Kongkalikong, Koneksi, Kolusi dan
Komisi)
7.
Mampu menyatakan yang benar itu benar
8.
Menumbuhkan sikap saling percaya antara
golongan pengusaha kuat dan golongan pengusaha kebawah
9.
Konsekuen dan konsisten dengan aturan
main yang telah disepakati bersama
10. Menumbuh kembangkan kesadaran dan rasa
memiliki terhadap apa yang telah
disepakati Dengan rasa tanggung jawab
11. Perlu
adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hukum positif yang berupa peraturan
perundang-undangan.
contohnya : tetap memperhatikan persaingan yang sehat dalam hal ini tidak saling menjatuhkan atau membuat isu-isu negatif.
Sumber : Materi PowerPoint Etika bisnis, dan wordpress
B. Prinsip dasar etika bisnis
Sony Keraf (1991) dalam buku etika
bisnis: Membangun Citra Bisnis Sebagai Prifesi Luhur, mencata beberapa hal yang menjadi prinsip dari etika
bisnis, antara lain:
Sonny Keraf (1998) menjelaskan, bahwa
prinsip etika bisnis sebagai berikut;
a.
Prinsip otonomi; adalah sikap dan
kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan
kesadarannya tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.
b.
Prinsip kejujuran. Terdapat tiga lingkup
kegiatan bisnis yang bisa ditunjukkan secara jelas bahwa bisnis tidak akan bisa
bertahan lama dan berhasil kalau tidak didasarkan atas kejujuran. Pertama,
jujur dalam pemenuhan syarat-syarat perjanjian dan kontrak. Kedua, kejujuran
dalam penawaran barang atau jasa dengan mutu dan harga yang sebanding. Ketiga,
jujur dalam hubungan kerja intern dalam suatu perusahaan.
c.
Prinsip keadilan; menuntut agar setiap
orang diperlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai
kriteria yang rasional obyektif, serta dapat dipertanggung jawabkan.
d.
Prinsip saling menguntungkan (mutual
benefit principle) ; menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa
sehingga menguntungkan semua pihak.
e.
Prinsip integritas moral; terutama
dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan,
agar perlu menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baik pimpinan/orang2nya
maupun perusahaannya
.Sumber :
alimuhtar.wordpress.com/2009/06/13/etika-berinternet/
C. Aspek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi
Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang
Teknologi Informasi merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan
kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas
yang harus dikerjakannya. Namun, tidak semua kemajuan yang telah dicapai
tersebut membawa dampak positif. Diantara kemajuan yang telah dicapai tersebut
ternyata dapat membawa dampak negatif bagi manusia. Dibawah ini akan dipaparkan
dampak positif (keuntungan) dan negatif (kerugian) dari penggunaan Teknologi
Informasi.
Keuntungan
:
1. Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat
dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
2. Semakin maraknya penggunaan Teknologi
Informasi akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
3. Bisnis yang berbasis Teknologi Informasi
atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi
bisnis suatu perusahaan atau perorangan
4. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat
dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
Kerugian
:
1.
Dengan pesatnya
teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang
masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin
mudah.
2.
Dengan mudahnya melakukan transaksi di
internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang
seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
Sumber:http://bangungunanto.wordpress.com/2012/03/30/aspek-bisnis-di-bidang-teknologi-informasi/
Tantangan pengembangan sikap (etika)
dan tanggung jawab dalam berbisnis
Perkembangan ilmu pengetahuan clan teknologi yang cepat, memberikan
tantangan penegakan nilai‑nilai etika clan moral setiap individu guna
mengendalikan kemajuan clan penerapan teknologi tersebut bagi kemanusiabn.
Dunia etika adalah dunia filsafat, nilai, clan moral. Dunia bisnis adalah dunia
keputusan clan tindakan. Etika bersifat abstrak clan berkenaan d engan persoalan baik clan buruk, sedangkan bisnis adalah konkret clan harus mewujudkan apa yang telah
diputuskan. Hakikat moral adalah tidak merugikan orang lain. Artinya, moral
senantiasa bersifat positif atau mencari kebaikan. Dengan demikian , sikap clan
perbuatan dalam konteks etika bisnis yang dilakukan oleh semua yang terlibat,
akan menghasilkan sesuatu yang baik atau positif, bagi yang menjalankannya
maupun bagi yang lain. Sikap atau perbuatan seperti itu. dengan demikian tidak
akan menghasilkan situasi “win‑lose”, melainkan situasi “win-win” bagi kedua
belah pihak.
Sebenarnya, inti etika bisnis yang
pantas dikembangkan oleh setiap individu adalah pengendalian. Dalarn hal ini,
semua perlu menyadari bahwa keuntungan adalah motivasi bisnis. Yang ingin
diatur oleh etika bisnis adalah bagaimana memperoleh keuntungan itu. Keuntungan yang dicapai dengan cara curang,
tidak adil, dan bertentangan dengan nilainilai budaya clan martabat
kemanusiaaan, tidaklah etis.
Etika bisnis juga
“membatasi” besarnya keuntungan, sebatas tidak merugikan masyarakat. Kewajaran
merupakan ukuran yang relatif, tetapi harus senantiasa diupayakan. Etika bisnis
bisa mengatur bagaimana keuntungan digunakan. Meskipun merupakan hak, pengunaan
keuntungan harus pula memperhatikan kebutuhan dan keadaan masyarakat
sekitarnya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang
dapat kami simpulkan adalah:
1.
Internet menpunyai dampak yang signifikan bagi
berbagai aspek kehidupan.
2.
Dunia maya mempunyai
karakteristik tersendiri yang mencerminkan operasi serta informasi yang ada di
dalamnya.
3.
Etika dan iman
berfungsi sebagai filter saat berinternet.
4.
Pelanggaran etika dalam berinternet akan diberikan
sanksi yaitu dikucilkan dari kehidupan berkomunikasi di internet.
B.
Saran
Dan adapun yang dapat
kami sarankan adalah sebagai berikut:
1.
Dalam berinternet sebaiknya kita beretika yang baik
2.
Hargai hak cipta dan privasi orang lain
3.
Perbanyak sosialisasi mengenai internet dan
perkembangannya dikalangan pedalaman agar mereka juga bisa mengetahui apa yang
kita ketahui
Tidak ada komentar:
Posting Komentar